Monday, May 20, 2013

Cara Mudah Merawat Sepeda Motor Matic



Tips dan cara merawat sepeda motor matic pada dasarnya hampir sama dengan merawat motor bebek biasa. Namun yang membedakan ketika merawat motor matic kita juga harus memperhatikan pada Van Beltnya. Karena motor matic memang menggunakan Van Belt bukan rantai seperti motor bebek pada umumnya.

Berikut ini ada beberapa tips dan cara merawat sepeda motor matic agar sepeda motor kesayangan anda selalu awet dan kondisi mesin selalu terjaga.















  • Sebelum motor digunakan sebaiknya panaskan terlebih dahulu mesinnya. Biarkan mesin menyala selama ± 5 – 10 menit dalam keadaan stationer (tidak usah di gas-gas/bleyer). Memanaskan mesin berfungsi agar oli pelumas mesin bisa melumasi onderdil yang ada didalam mesin secara maksimal tanpa ada beban dikendarai.
  • Lakukan servis rutin di bengkel langganan yang sudah anda percaya secara berkala _+ 2-3 bulan sekali atau ketika motor sudah mencapai 2000 km penggunaan.
  • Pada saat servis sebaiknya ganti juga oli mesin, selain untuk membuang oli yang telah kotor juga untuk menjaga tingkat kekentalan oli mesin.
  • Selain oli mesin yang juga mesti diperhatikan adalah oli gardan karena gardan ini juga punya fungsi penting untuk menggerakkan laju kendaraan anda.
  • Mengendarai sepeda motor matic sebaiknya peningkatan dan penurunan kecepatan dilakukan secara perlahan bukan kontan. Cara ini selain menghemat BBM juga membuat mesin lebih awet.
  • Usahakan tangki bahan bakar dalam kondisi selalu terisi bensin minimal setengah dari kapasitas tangki.
  • Jika harus mengganti spare part usahakan menggunakan spare part yang asli meskipun harganya sedikit lebih mahal tetapi kualitasnya terjamin.
Sepeda motor matic untuk saat ini memang sudah menjadi idola bagi kebanyakan orang. Apalagi bagi mereka yang tinggal di kota besar. Menggunakan sepeda motor matic lebih fleksibel karena lalu lintas yang padat dan macet. Namun jika kurang pandai dalam merawat sepeda motor matic akan sedikit menguras kantong anda untuk membetulkan kendaraan yang rusak. Semoga beberapa tips dan cara merawat sepeda motor matic yang ada diatas bisa membantu anda.

No comments:

Post a Comment